Rabu, 12 Mei 2010

Dasar-Dasar Manajemen

1. Board of director /dewan direksi adalah badan yang dipilih atau ditunjuk anggota yang bersama-sama mengawasi aktivitas dari sebuah perusahaan atau organisasi Tubuh kadang-kadang memiliki nama yang berbeda, seperti dewan penyantun, dewan gubernur, dewan manajer, atau dewan eksekutif
tugas khas dari dewan direksi meliputi
• mengatur organisasi dengan menetapkan kebijakan umum dan tujuan;
• memilih, menunjuk, mendukung dan mengevaluasi kinerja kepala eksekutif;
• memastikan ketersediaan sumber daya keuangan yang memadai;
• menyetujui anggaran tahunan;
• akuntansi kepada stakeholders untuk kinerja organisasi.


2. Manajer Umum / General Manager adalah manajer yang memiliki tanggung jawab seluruh bagian / fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi. Manajer umum memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manajer fungsional. Pada perusahaan yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manajer umum, sedangkan pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki beberapa orang manajer umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang berbeda-beda.

3. HRD adalah HUMAN RESOURCHES DEPARTMENT. /PERSONALIA adalah bagian khusus pencari tenaga kerja yg sesuai dgn yg dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu HRD juga mengatur/mengkoordinasi hak-hak karyawan seperti jatah cuti karyawan, santunan kesehatan, dll.
menampung aspirasi karyawan (apabila tidak ada SPSI) lalu kemudian disaring dan disampaikan pada jajaran direksi saat diadakan rapat bulanan/tahunan.

4. Management Information System/Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah kelengkapan pengelolaan dari proses-proses yang menyediakan informasi untuk manajer guna mendukung operasi-operasi dan pembuatan keputusan dalam sebuah organisasi

5. Management pemasaran (marketing management) adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang/jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.

6.Manajemen Produksi merupakan kegiatan dimana sumber daya (bahan baku, energi, tehnologi, modal, mesin/peralatan, & personalia) yang mengalir dalam sistim tertentu, dikombinasikan dan diubah bentuk dengan cara spesifik sehingga dihasilkan produk yang mempunyai nilai tambah.

7.Construction Management /Manajemen konstruksi adalah proses penerapan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan dan penerapan) secara sistimatis pada suatu proyek dengan menggunkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien agar tercapai tujuan proyek secara optimal.

Manajemen Konstruksi meliputi mutu fisik konstruksi, biaya dan waktu. manajemen material dan manjemen tenaga kerja yang akan lebih ditekankan. Hal itu dikarenakan manajemen perencanaan berperan hanya 20% dan sisanya manajemen pelaksanaan termasuk didalamnya pengendalian biaya dan waktu proyek.


0 komentar:

Posting Komentar